Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Paciran Menyelenggarakan Wisuda Tahfidzul Quran ke-III

0
165
views
Tahfidz Al-Qur'an SMP N 2 Paciran

PPSD.OR.ID – Menjadi salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat (YPPSD) Lamongan, SMP N 2 Paciran menggelar Wisuda Tahfidzul Quran untuk yang ketiga kalinya pada Selasa 26 Februari 2019 di Aula Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD) yang merupakan perintah langsung dari pengasuh PPSD sebagai syarat kelulusan dari SMP N 2 Paciran dalam kurikulum kepesantrenan.

Wisuda Tahfidzul Quran di SMP N 2 Paciran kali ini diikuti oleh 377 peserta yang terdiri 160 peserta Tahfidzul Juz 30 yang terdiri dari 109 siswa kelas IX, 29 siswa kelas VIII, dan 22 siswa kelas VII. Selain itu ada juga siswa yang telah menghafalkan 16 surat dari juz 30 yaitu dengan jumlah 190 siswa, dan juga terdapat 27 siswa yang juga diwisuda karena telah menghafalkan 5 surat pilihan yaitu Al-Waqiah, Al-Mulk, Ar-Rahman, Yasin, dan Al-Kahfi.

SMP N 2 Paciran dalam mempersiapkan Wisuda Tahfidzul Quran ini telah memiliki tim khusus yang bertugas sebagai penguji dalam proses hafalan siswa dengan metode skoring.

Pada Wisuda Tahfidzul Quran ini dihadiri oleh beberapa tamu penting, mulai dari Pusat sebagai narasumber yang memberi motivasi kepada para wisudawan tentang bagaimana cara menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat. Selain dari pusat, ada juga dari pihak kabupaten yaitu Kepala Bidang Pendidikan Kabupaten Lamongan, tamu undangan dari Koramil dan Polsek Lamongan, seluruh Kepala Sekolah maupun Madrasah mulai dari jenjang SD/MI sampai SMP/MTs se-Kecamatan Paciran.

Tim Pengukuh dalam prosesi Wisuda terdiri dari Kepala Sekolah, Bapak H. Achmad Machsun Haji, S.Pd., M.Si. beserta jajaran Wakil Kepala Sekolah dalam bidang Kurikulum, Kesiswaan, dan Humas.

Setelah prosesi pengukuhan selesai, para tamu undangan beserta wisudawan disuguhi penampilan Grup Tarian Rampok Bedug dari perwakilan siswa dan siswi SMP N 2 Paciran yang sangat menarik perhatian setiap tamu undangan.

“Acara ini juga sebagai ladang amal shadaqah jariyah kita dalam mendidik dan membentuk karakter siswa yang sholeh dan sholehah agar dapat terjun ke masyarakat dengan kesiapan dan mental yang mumpuni”, ujar Bapak H. Achmad Machsun Haji, S.Pd., M. Si.

Setelah Acara Wisuda Tahfidzul Quran SMP N 2 Paciran berlangsung dengan lancar dan khidmat, para tamu undangan dipersilahkan berkunjung ke lembaga SMP N 2 Paciran untuk beramah-tamah dengan Kepala Sekolah serta para guru-guru SMP N 2 Paciran.

Oleh:
Ike Nurul Fitrotus Shoimah
Rizki Lailatin Istiqomah

Berikan komentar