PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN DRAJATBANJARWATI TAHUN PELAJARAN 2017-2018

0
236
views
PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN DRAJATBANJARWATI TAHUN PELAJARAN 2017-2018
PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN DRAJATBANJARWATI TAHUN PELAJARAN 2017-2018

YAYASAN PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT

MTs. SUNAN DRAJAT BANJARWATI

BADAN HUKUM PERKUMPULAN NAHDLATUL ULAMA

SK MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA NO. AHU-119.AH.01.08 TAHUN 2013

NPSN : 20582849 NSM : 121235240100 TERAKREDITASI A

Alamat : Jl. Raden Qosim Banjarwati Kec. Paciran Kab. Lamongan Provinsi Jawa Timur

Email: mts_sundra@yahoo.com  Telp. 0322. 662905 Kode Pos. 62264

 

 

 

PROFIL 

MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN DRAJATBANJARWATI

TAHUN PELAJARAN 2017-2018

 

 

  1. Sejarah Singkat MTs. Sunan Drajat Banjarwati

Madrasah Tsanawiyah Sunan Drajat didirikan di dusun Banjaranyar, Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran , Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur pada tahun  1986, oleh  DR.KH. ABDUL GHOFUR. Seorang  pemimpin dan pengasuh Pondok pesantren terbesar di Kabupaten Lamongan, yaitu Pondok Pesantren Sunan Drajat dusun Banjaranyar, Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran , Kabupaten Lamongan, Propinsi Jawa Timur.

 

  1. Latar Belakang Berdirinya MTs. Sunan Drajat Banjarwati

Pada tahun 1984/1985 di Pondok pesantren Sunan Drajat didirikan sebuah lembaga pendidikan menengah tingkat pertama ( SMP ) 45 di samping  didalamnya sudah ada  Madrasah Diniyah ( Madrasah Khusus Pelajaran Agama – ala Pesantren )  yang sudah berjalan bertahun – tahun sejak pesantren itu berdiri, namun keberadaan SMP hanya mampu bertahan selama satu tahun.  Karena kurang mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Memang masyarakat dan wali santri pada waktu itu lebih bangga dan lebih menerima Madrasah yang bercirikan islam dari pada sekolah Umum  ( SMP ) .

Kiranya hal ini cukup menjadi renungan dan pola pikir baru dalam melangkah selanjutnya, padahal banyak masyarakat dan wali – wali santri Pondok Pesantren Sunan Drajat yang menginginkan agar anaknya bisa melanjutkan sekolah ke jenjang tsanawiyah dengan tanpa keluar dari lingkungan pesantren. karena hal ini adalah harapan mereka, maka dengan pertimbangan hal tersebut akhirnya DR KH. ABDUL GHOFUR  bersama – sama dengan masyarakat sepakat mendirikan  Lembaga pendidikan baru yang bercirikan Islam yang di beri nama Madrasah Tsanawiyah Sunan Drajat yang lokasinya berada di tengah – tengah Pondok Pesantren Sunan Drajat yang bernaung di bawah  Yayasan Pondok Peasantren Sunan Drajat, dengan akte Notaris Nurul Yaqin SH. Nomor : 10 tanggal 19 Oktober 1993.

Dan Alhamdulillah perkembangan  Madrasah ini sejak berdiri hingga sekarang tidak pernah  mengecewakan bahkan cukup menggembirakan dan membanggakan, baik kuantitas dan kualitas siswa didik. Dan kini walaupun di tengah – tengah  pondok pesantren telah berdiri Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negri ( SLTPN 2 Paciran ) Lima tahun lalu, yang  keberadaanya merupakan tantangan tersendiri Bagi Madrasah Tsanawiyah Sunan Drajat , namun Madrasah Tsanawiyah Sunan Drajat tetap eksis serta mampu bertahan dan kapasitas siswa pun tetap stabil dan standart tidak banyak mengalami perubahan yang berarti.

 

  1. Visi, Misi Dan Tujuan MTs. Sunan Drajat Banjarwati
    1. Visi MTs. Sunan Drajat Banjarwati

 

 “ISLAMI. BERBASIS PESANTREN DAN UNGGUL”

ISLAMI

  1. Mengetahui dan mengerti aturan syariat Islam Ahlissunnah wal jamaah sesuai perkembangan anak.
  2. Menyadari kehadiran dirinya sebagai khalifah di bumi.
  3. Mengamalkan ajaran-ajaran Islam Ahlissunah wal jamaah dengan sepenuh hati.
  4. Menyadari dan mencontoh perilaku Rasulullah sebagai uswatun hasanah.

 

BERBASIS PESANTREN

  1. Lembaga yang menyelanggarakan pendidikan dengan budaya pesantren.
  2. Lembaga yang mengembangkan kurikulum pendidikan Nasional dan kurikulum pendidikan agama Islam sebagai ciri khas pesantren.
  3. Lembaga yang menyelenggarakan preoses pendidikan (pembiasaan nilai-nilai Islam, PMB, penelitian dan pengembangan) yang inovatif.

 

UNGGUL

  1. Mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Memiliki kemandirian dengan jati diri yang berakhlakul karimah.
  3. Memiliki kepedulian terhadap orang lain dan lingkungan.
  4. Memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang efektif.
  5. Mampu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Mencapai nilai akademis yang tinggi.
  7. Mampu menghasilkan karya yang memiliki nilai tambah.
  8. Mampu menguasai dan menerapkan pengetahuannya pada berabagai aspek kehidupan.
  9. Memiliki kemandirian dan kepercayaan diri yang tinggi (tawakal).
  10. Mampu melakukan komunikasi dan kerjasama.
  11. Memiliki kepekaan terhadap perubahan zaman dan memanfaatkannya sebagai peluang.
  12. Memiliki pandangan yang jauh ke depan (visionaris)
  13. Memiliki kemampuan di dalam kesetaraan global.

 

  1. Misi MTs. Sunan Drajat Banjarwati
  1. Meningkatkan kualitas dan efektifitas kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  2. Meningkatkan, mengembangkan dan menerapkan proses pembelajaran yang inovatif bernuansa islami.
  3. Meningkatkan ketersediaan sarana prasarana pendidikan yang memenuhi standar nasional.
  4. Meningkatkan pelaksanaan prinsip-prinsip managemen yang akuntabel dan mendorong partisipasi public dalam pengelolaan pendidikan.
  5. Meningkatkan SDM sebagai pendidik professional.
    1. Tujuan dan Target MTs. Sunan Drajat Banjarwati

Tahapan untuk mewujudkan visi dalam jangka menengah (4 tahun).

Pada tahun 2013 MTs Sunan Drajat Banjarwati memiliki :

  1. Rata-rata hasil UN untuk matematika 8.00, Bahasa Indonesia 8.50, Bahasa Inggris 8.00 dan IPA 8.00.
  2. Semua guru menerapkan PAIKEM/CTL.
  3. 50% siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan baik.
  4. 50% guru menguasai bahasa inggris dan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris.
  5. 50% guru menguasai bahasa arab dan berkomunikasi menggunakan bahasa Arab.
  6. Memiliki Lap computer dengan jumplah computer 40 computer
  7. Tim kesenian mampu tampil pada acara tingkat propinsi.
  8. Tim olah raga mampu tampil di tingkat kabupaten.
  9. 100% siswa mampu melaksanakan ibadah dengan benar.
  10. 100% guru fasih dan lancer membaca Al-Qur’an.
  11. 80% guru memenuhi kualifikasi akademik.
  12. 100% guru melaksanakan penilaian prases dan hasil belajar.

 

  1. Struktur Organisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Identitas Sunan Drajat Banjarwati
  2. Nama Satuan Pendidikan
NPSN : 20582849
Nama Madrasah : MTs. Sunan Drajat Banjarwati
Alamat : Jl. Raden Qosim
Kelurahan/Desa : Banjarwati
Kecamatan : Paciran
Kabupaten/Kota : Lamongan
Provinsi : Jawa Timur
Telepon / HP : 0322 662905
Jenjang : SLTP / MTs
Status (Negeri/Swasta) : Swasta
Tahun Berdiri : 1986    
Hasil Akreditasi : A

 

  1. IDENTITAS KEPALA MADRASAH

Nama Lengkap                     : KHOSIN, SH., S.Pd.

Tempat Tanggal Lahir         : Bojonegoro, 07 Agustus 1978

Alamat Rumah                     : Pucangro Kalitengah Lamongan

Pendidikan Terakhir                        : S-1

Periode Jabatan                   : 2016-2019

Telephone/Handphone      : 0856 4515 7310

Nomor SK Penetapan         : PC/10574/A-2/VIII/2016

 

 

  1. WAKIL KEPALA MADRASAH
Wakil Kepala Madrasah Nama Pendidikan dan Jurusan Masa Kerja
Sbg guru Dalam Jabatan
a. Kurikulum/Akademik Rendy Pratomo, ST.  S-1 Tehnik Sipil 15 Th 3 Th
b. Kesiswaan Iswanto, SH., S.Pd.  S-1

Pendidikan PKN

11 Th 1 Th
c. Sapras Abdul Muhid, S.Pd.I.  S-1

Kependidikan Islam

4 Th 1 Th
d. Humas Nur Siyam,S.Pd.I.  S-1 Kependidikan Islam 15 Th 1 Th

 

  1. PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
No INDIKATOR KRITERIA JUMLAH (Orang)
1 Kualifikasi Pendidikan Guru <= SMA Sederajat 1
D1  
D2  
D3  
S1 66
S2 15
S3  
Jumlah 82
2 Sertifikasi Sudah 31
Belum 50
Jumlah 81
3 Gender Pria 46
Wanita 36
Jumlah 82
4 Status Kepegawaian PNS 4
GTT 3
GTY 75
Honorer  
Jumlah  
5 Pangkat / Golongan II a  
II b  
II c  
II d  
III a  
III b  
III c  
III d  
IV a 4
IV b  
Diatas IV b  
Non PNS 78
Jumlah 82
6 Kelompok Usia Kurang dari 30 Tahun 28
31 – 40 Tahun 29
41 – 50 Tahun 18
51 – 60 Tahun 7
diatas 60 Tahun  
Jumlah 82
7 Masa Kerja Kurang dari 6 Tahun 31
6 – 10 Tahun 18
11 – 15 Tahun 14
16 – 20 Tahun 10
21 – 25 Tahun 6
26 – 30 Tahun 3
Diatas 30 Tahun  
Jumlah 82

 

  1. DATA SISWA DAN ROMBONGAN BELAJAR
  KELAS TOTAL
1 2 3 4 5 6
ROMBEL 14 17 20       51
LAKI-LAKI 270 297 320       887
PEREMPUAN 234 243 271       748
TOTAL 504 540 591       1635
SISWA/ROMBEL 504 540 591       1635

 

  1. KONDISI SARANA DAN PRASARANA
  Jumlah Siswa 1635 orang
  Jumlah Siswa Pria 887 orang
  Jumlah Siswa Wanita 748 orang
  Jumlah Guru 82 orang
  Jumlah Rombel 51 rombel
       
  LAHAN    
  Kriteria Data Satuan
  LUAS LAHAN 17.715 m2
  JUMLAH LANTAI BANGUNAN 4 tingkat
  JUMLAH ROMBEL 51 rombel
  JUMLAH SISWA 1635 orang
  RASIO LAHAN THD SISWA 1:2 orang/m2
       
  BANGUNAN    
  Kriteria Data Satuan
  LUAS BANGUNAN 11.000 m2
  JUMLAH LANTAI BANGUNAN 4 tingkat
  JUMLAH ROMBEL 51 rombel
  JUMLAH SISWA 1635 orang
  RASIO LANTAI BANGUNAN THD SISWA 1:2 orang/m2
       
  Kriteria Data Satuan
  Jumlah Daya 12000 Watt

 

 

RUANG KELAS            
(diisi jumlah seluruh ruang kelas yang ada dan seluruh perabot di seluruh kelas)    
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah  
Baik Rusak Ringan Rusak Berat  
Jumlah total ruang kelas kelas 51     51  
Kapasitas Maksimum orang 40     40  
Rata-rata luas ruang kelas m2 36     36  
Ratio Luas ruang kelas orang/m2 1:1     1:1  
Rata-rata lebar ruang kelas m2 6     6  
Perabot            
Jumlah kursi siswa buah 1635     1635  
Jumlah meja siswa buah 820     820  
Jumlah kursi guru buah 51     85  
Jumlah meja guru buah 51     51  
Jumlah Lemari di kelas buah 51     51  
Jumlah Papan Pajang buah 51     51  
Jumlah Papan Tulis buah 51     51  
Jumlah Tempat sampah buah 60     60  
Jumlah Tempat cuci tangan buah 10     10  
Jumlah Jam Dinding buah 60     60  
Jumlah Stop Kontak Listrik buah 60     60  
                           

 

PERPUSTAKAAN          
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
Luas bangunan perpustakaan m2 45     45
BUKU          
Buku teks pelajaran eksemplar 5380     5380
Buku panduan pendidik eksemplar 530     530
Buku pengayaan judul 425     425
Buku referensi judul 385     385
Sumber belajar lain judul 475     475
PERABOT          
Rak Buku set 22     22
Rak Majalah buah 2     2
Rak Surat Kabar buah 1     1
Meja baca buah 6     6
Kursi baca buah        
Kursi kerja buah 4     4
Meja kerja/sirkulasi buah 3     3
Kursi Kerja buah 1     1
Lemari Katalog buah 1     1
Lemari buah 2     2
Papan pengumuman buah 1     1
Meja multimedia buah 1     1
MEDIA PEMBELAJARAN          
Peralatan multimedia buah    
PERLENGKAPAN LAINNYA          
Buku inventaris buah 1     1
Tempat sampah buah 1     1
Kotak kontak buah 1     1
Jam dinding buah 1     1
               

 

 LABORATORIUM IPA          
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
Luas bangunan Laboratorium IPA m2  30      30
PERABOT          
Lemari buah  1      1
PERALATAN PENDIDIKAN          
Model kerangka manusia buah 1     1
Model tubuh manusia buah 1     1
Globe buah 5     5
Model tata surya buah 1     1
Kaca pembesar buah 25     25
Cermin datar buah 5     5
Cermin cekung buah 5     5
Cermin cembung buah 5     5
Lensa datar buah 4     4
Lensa cekung buah 4     4
Lensa cembung buah 5     5
Magnet batang buah 6     6
Poster IPA set 10     10
               

 

 

RUANG PIMPINAN          
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
BANGUNAN         10
Luas Bangunan m2 10     10 
Lebar minimum m 10       
PERABOT          1
Kursi pimpinan buah  1      1
Meja pimpinan buah  1      4
Kursi dan meja tamu set  4      1
Lemari buah  1      1
Papan statistik buah  1      
PERLENGKAPAN LAINNYA          1
Simbol kenegaraan set  1      1
Tempat sampah buah  1      1
Mesin ketik/komputer set  1      1
Filing kabinet buah      1
Brankas buah  1      1
Jam dinding buah  1     1
 

RUANG GURU

         
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
BANGUNAN          
Luas bangunan m2 72     72
Ratio Luas / Guru org/m2 1     1
PERABOT          
Kursi kerja buah 72     72
Meja kerja buah 75     75
Lemari buah 5     5
Papan statistik buah 2     2
Papan pengumuman buah 1     1
PERLENGKAPAN LAINNYA          
Tempat sampah buah 1     1
Tempat cuci tangan buah    
Jam dinding buah 1     1
Penanda waktu / bel / lonceng buah 1     1
Telepon buah    
           
TEMPAT BERIBADAH          
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
BANGUNAN          
luas minimum m2 500     500
PERABOT          
Lemari / Rak buah 2     2
PERLENGKAPAN LAINNYA          
Perlengkapan ibadah set        
Jam dinding buah 1     1
RUANG UKS          
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
BANGUNAN          
luas m2 30     30
PERABOT          
Tempat tidur set 3     3
Lemari buah 2     2
Meja buah 2     2
Kursi buah 5     5
PERLENGKAPAN LAINNYA          
Buku catatan kesehatan peserta didik buah 1     1
Peralatan P3K set 1     1
Tandu set 1     1
Selimut buah 6     6
Tensimeter buah 1     1
Termometer badan buah 1     1
Timbangan badan buah 1     1
Pengukur tinggi badan buah 1     1
Tempat sampah buah 1     1
Tempat cuci tangan buah 1     1
Jam dinding buah 1     1
Telepon buah 1     1
           
JAMBAN          
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
BANGUNAN          
Jumlah Jamban Siswa Laki-laki unit 16     16
Jumlah Jamban Siswa Perempuan unit 16     16
Jumlah jamban guru unit 1     1
Rasio  jumlah laki-laki terhadap jamban siswa/ jamban 1/100     1/100
Rasio  jumlah perempuan terhadap jamban siswa/ jamban 1/100     1/100
jumlah jamban seluruhnya unit 33     33
luas rata – rata jamban m2/jamban 4     4
PERLENGKAPAN LAINNYA          
Kloset buah 33     33
Tempat air buah 33     33
Gayung buah 33     33
Gantungan pakaian buah 33     33
Tempat sampah buah 5     5
           
GUDANG          
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
BANGUNAN          
luas m2 10     10
PERLENGKAPAN LAINNYA          
Lemari buah 2     2
Rak buah 6     6
           
RUANG SIRKULASI          
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
BANGUNAN          
luas m2 120     120
lebar m 40     40
tinggi m 3     3
           
 

 

 

TEMPAT BERMAIN / SIRKULASI

       
Kriteria Satuan Kondisi Jumlah
Baik Rusak Ringan Rusak Berat
LAHAN          
Luas lahan m2 100      
Pengeras suara buah 8      
Tape recorder buah 2      
               

 

 


STRUKTUR KURIKULUM

Tabel Struktur Kurikulum Kelas VII dan 8

Mata Pelajaran Alokasi Waktu Belajar

Per Minggu

Kelompok A

1.    Pend.Agama

a.  Al Qur’an Hadits

b.  Aqidah Akhlak

c.   Fiqih

d.  SKI

2.    Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan

3.    Bahasa Indonesia

4.    Bahasa Arab

5.    Matematika

6.    Ilmu Pengetahuan Alam

7.    Ilmu Pengetahuan Sosial

8.    Bahasa Inggris

Kelompok B

1.      Seni Budaya

2.     Pend. Jasmani, OR dan  Kesehatan

3.      Bahasa Jawa

4.      Baca Tulis Al Qur’an

 

 

 

2

2

2

2

3

 

6

3

5

5

4

4

 

 

3

3

2

2

Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu 48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel3 Struktur Kurikulum  Kelas IX

Mata Pelajaran Alokasi Waktu Belajar

Per Minggu

A.  Mata Pelajaran

       1.  Pendidikan Agama

a.  Qur’an Hadits

b.  Aqidah Akhlaq

c.  Fiqih

d.  Sejarah Kebudayaan Islam

 

 

2

2

2

2

2.  Pendidikan Kewarganegaraan 2
3.  Bahasa Indonesia 4
4.  Bahasa Arab 2
5.  Bahasa Inggris 4
6.  Matematika 4
7.  Ilmu Pengetahuan Alam 4
8.  Ilmu Pengetahuan Sosial 4
9.  Seni Budaya 2
10.  Penjas Olahraga & Kesehatan 2
11.Teknologi Informasi & Komunikasi

 

2
B.  Muatan Lokal

a.    Bahasa Jawa

b.    Bimbingan Baca Tulis Al Quran (BBTQ)

 

2

2

C.  Pengembangan Diri / PD*)  
Jumlah Alokasi waktu belajar per minggu 42

 

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN DRAJAT

BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018

 

KKM Kelas VII dan VIII

NO MATA PELAJARAN KKM KELAS KET.
VII VII IX  
  KELOMPOK A        
1. Pend Agama Islam

1. Al Qur’an Hadits

2. Aqidah Akhlak

3. Fiqih

4. SKI

 

2,8

2,8

2,8

2,8

 

2,8

2,8

2,8

2,8

 
2. Pkn 2,8 2,8  
3. Bahasa Indonesia 2,8 2,8  
4. Bahasa Arab 2,8 2,8  
5. Matematika 2,8 2,8  
6. IPA 2,8 2,8  
7. IPS 2,8 2,8  
8. Bahasa Inggris 2,8 2,8  
  KELOMPOK B        
9. Seni Budaya 2,8 2,8  
10. Penjasorkes 2,8 2,8  
11. Bahasa Jawa 2,8 2,8  
12. Baca Tulis Al Quran 2,8 2,8  

 

 

KKM Kelas IX

No MATA PELAJARAN KKM KET.
VII VIII IX  
1. Pend Agama Islam

a.   Al Qur’an Hadits

b.   Akidah Akhlak

a.      Fikih

b.      S K I

 

75

75

75

70

 
2. PKn 75  
3. Bahasa Indonesia 75  
4. Bahasa Arab 75  
5. Bahasa Inggris 75  
6. Matematika 70  
7. IPA 70  
8. IPS 75  
9. Seni Budaya 75  
10. Penjasorkes 75  
11. TIK 75  
  MUATAN LOKAL        
12. Bahasa Jawa 70  
13. Baca Tulis Al Qur’an 75  

 

 

 

 

Berikan komentar