Profil Asrama Putri Ummi Kamilah

0
192
views
Asrama Ummi Kamilah Sunan Drajat
Asrama Ummi Kamilah Sunan Drajat

Asrama Ummi Kamilah adalah salah satu asrama putri yang berada di Pondok Pesantren Sunan Drajat.

Asrama ini berdiri pada tahun 2014. Nama asrama ini diambil dari nama almarhumah istri dari pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat  yaitu Ibu Hj.Ummi Kamilah.

(Kenangan) KH. Abdul Ghofur Bersama Al-Marhumah Nyai Hj. Kamilah
(Kenangan) KH. Abdul Ghofur Bersama Al-Marhumah Nyai Hj. Kamilah

                Asrama ini terdiri dari 10 kamar, kamar 1 Ummi Kamilah sebagai kantor asrama dan kamar 2-10 adalah kamar  santriwati yang berstatus pelajar SLTA dan SLTP mulai dari lembaga SMP,MA,SMK dan MMA. Masing-masing kamar terdiri dari 15-60 santriwati dan  jika dijumlah keseluruhan kurang lebih 303an santri. Kamar  2 dan 3 dihuni oleh kelas 2 MA/SMK, kamar 4 dan kamar 6 dihuni oleh kelas 1 MA/SMK,kamar 5, 8, 9 dihuni oleh kelas 2 SMP, dan kamar 10 dihuni oleh kelas 4 MMA.

Kepengurusan asrama Ummi Kamilah terdiri dari beberapa unit sekbid (Seksi Bidang), yaitu sekbid muhadhoroh, sekbid musyawaroh, sekbid kesehatan, sekbid jama’ah, sekbid pengajian, sekbid keamanan, sekbid sarana & prasarana, dan sekbid kebersihan.

Pengurus Asrama Ummi Kamilah
Pengurus Asrama Ummi Kamilah

Asrama Ummi Kamilah ini diketuai oleh seorang mahasiswi yang bernama Kholida Faiqoh, ketua yang sangat bertanggung jawab, tegas, religius, dan sangat disegani oleh santriwati asrama Ummi Kamilah.

Ustadzah Faiqoh, Ketua Asrama Ummi Kamilah
Ustadzah Faiqoh, Ketua Asrama Ummi Kamilah

Setiap hari selasa dan jum’at asrama ini mengadakan ekstrakulikuler asrama seperti:

  1. Rebana
  2. Qiro’ah
  3. Kaligrafi
  4. Pidato
  5. Baca kitab,
  6. dll
Sekilas Kegiatan Santri Asrama Ummi Kamilah
Sekilas Kegiatan Santri Asrama Ummi Kamilah

Sehingga dengan diadakannya ekstrakulikuler tersebut, asrama ini dapat meraih beberapa prestasi dalam ajang lomba PHBI dan lomba lainnya se-Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat. Pada tahun 2015 dan 2016, asrama ini meraih juara 2 lomba sholawat al-banjari, tahun 2015 meraih juara 1 lomba puisi yang diselenggarakan oleh UKM teater INSUD dan pada PHBI tahun 2015 kemarin, asrama ini meraih juara 2 lomba  yel-yel.

Setiap kegiatan acara muhadhoroh yang diadakan setiap satu bulan satu kali, santriwati tidak akan tinggal diam untuk menanggapi setiap kultum yang disampaikan. Mereka selalu antusias berlomba-lomba menyampaikan pertanyaan, kritik, saran kepada pengkultum. Santriwati asrama Ummi Kamilah selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diadakan oleh asrama. Maka dari itu, asrama Ummi Kamilah dikenal dengan asrama yang kreatif, religius, berprestasi dan berbudi pekerti.

Berikut beberapa galeri santri Asrama Ummi Kamilah:

IMG_8481 IMG_7952 IMG_7826 DSC02487 Santri Asrama Ummi Kamilah

Santri Asrama Ummi Kamilah
Santri Asrama Ummi Kamilah

 

 

Berikan komentar