Profil Asrama Putri Az-Zakiyah

0
709
views
Pengurus Asrama Az-zakiyah

Asrama Az-Zakiyah adalah salah satu asrama tertua yang berada di pondok pesantren putri Sunan Drajat. Asrama ini berdiri sejak berdirinya pondok pesantren sunan drajat yang ke-2 karena dulunya ponpes sunan drajat sempat hilang kemudian dikembangkan lagi oleh K.H.Abdul ghofur dan pada saat itu sudah ada 5 asrama yang berdiri salah satunya asrama Az-zakiyyah, sehingga tidak salah jika asrama az-zakiyyah dinamakan asrama tertua.

Nama AzZakiyah ini diambil dari lafadz زكى- يزكي –تزكيا – تزكية ” ‘’ yang artinya “ SUCI” . Dan suci artinya bersih . Nah dari situ kita bisa mencerna kenapa dinamakan dengan asrama Az zakiyah? Agar penghuni asrama Az-zakiyah atau lebih tepatnya santri menjadi pribadi yang taat dan sopan santun dan mempunyai hati yang suci atau bersih. Amiin….!!!

Asrama Az-zakiyyah ini terdiri dari 5 kamar , kamar 2 sebagai kamar pengurus (kantor asrama), kamar 1, 3, 4 adalah kamar santriwati yang berstatus pelajar SLTP yang masing-masing kamar terdiri dari 32-65 santri. Untuk kamar 5 adalah kamar khusus untuk santriwati hafidzoh (penghafal Al-Qur’an) dan jika dijumlah secara keseluruhan berkisar 165 santriwati.

Kepengurusan asrama Az-zakiyyah tidak jauh berbeda dengan asrama lainnya yang  terdiri dari beberapa departemen-departemen yaitu departemen kependidikan, departemen bakat minat, departemen kesejahteraan, dan departemen sarana prasarana.

Kegiatan-kegiatan rutinitas  yang berlangsung di asrama Az-zakiyyah juga tidak jauh beda dengan asrama lainnya seperti pengajian salaf, takror, diba’iyyah, muhadorroh, dan pengembangan bahasa asing. Namun ada salah satu kegiatan yang paling menggugah antusias sanriwati Az-zakiyyah adalah kegiatan muhadorroh. Dalam kegiatan tersebut santriwati dapat menampilkan sebuah karakter-karakter yang bermacam-macam yang sesuai dengan tema yang ditentukan. Misalnya menjadi seorang bu Nyai, bu RT, bahkan ibu kepala desa. Dalam kegiatan tersebut santriwati juga belajar publik speaking seperti MC, sambutan-sambutan, dan mauidoh hasanah yang bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam bermasyarakat.

 Asrama Az-zakiyyah mempunyai kegiatan tahunan yaitu SETAGAS (samarak 17 agustus asrama Az-zakiyyah) yang diadakan setiap bulan Agustus. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kreativitas dan pengembangan bakat santri dalam hal dunia desain dan penampilan seperti mendesain baju yang berasal dari daur ulang sampah dan koran bekas.

Itulah sekilas profil tentang asrama Az-zakiyyah pondok pesantren putri Sunan Drajat semoga sarama Az-zakiyyah bisa terus maju seiring majunnya pondok pesanren Sunan Drajat yang sesuai dengan namannya yang suci semoga akhlak santriwati dapat terus terjaga kesuciannya.

Lomba fashion dan busana dari daur ulang di acara SETAGAZ. Lomba fashion dan busana dari daur ulang di acara SETAGAZ
( Lomba fashion show dengan design baju daur ulang dalam kegiatan SETAGAZ)

Peran sang kyai di acara muhadharah
Peran sang kyai di acara muhadharah
Kamar 1
Kamar 1 Asrama Az-Zakiyah
Kamar 3 Asrama Az-Zakiyah
Kamar 3 Asrama Az-Zakiyah
Kamar 4 Asrama Az-Zakiyah
Kamar 4 Asrama Az-Zakiyah
Pengurus Asrama Az-zakiyah
Pengurus Asrama Az-zakiyah

 

 

 

Berikan komentar