Profil Asrama Putra Sunan Bonang

0
192
views
Logo Sunan Bonang Pondok Pesantren Sunan Drajat
Logo Sunan Bonang Pondok Pesantren Sunan Drajat

PROFIL ASRAMA SUNAN BONANG

Logo Sunan Bonang Pondok Pesantren Sunan Drajat
Logo Sunan Bonang Pondok Pesantren Sunan Drajat

Asrama Sunan Bonang menjadi asrama ke-18 di pesantren itu dan menempati gedung baru lantai 3 yang diresmikan pada tanggal 20 Juni 2012. Saat ini asrama Sunan Bonang memiliki 1 kantor induk, 3 ruang kerja pendukung (kantor SB Mu’amalat, kantor bakat minat dan ruang kerja SB Salon), aula asrama, lobby asrama, 13 kamar santri dan 17 kamar MCK.

Pada penerimaan santri baru pertama kali tahun ajaran 2012 – 2013, asrama Sunan Bonang ditempati oleh sekitar 600 santri dari lembaga MTs, SMPN, SMK dan MMA (tingkat SLTP) dengan jumlah pengurus paling banyak waktu itu, yakni 43 pengurus. Sedangkan pada tahun ajaran 2014 – 2015, asrama Sunan Bonang ditempati oleh perpindahan santri dari asrama Sunan Kalijaga sebanyak ± 400 santri dari lembaga MTs, SMPN dan SMK dengan jumlah pengurus sebanyak 29 orang.

Pengurus Asrama Sunan Bonang
Pengurus Asrama Sunan Bonang

Tahun 2015 – 2016, asrama ini kembali ditempati santri baru dengan jumlah santri sebanyak ± 690 santri dari lembaga MTs, SMPN dan SMK dengan 32 pengurus.

Dan pada tahun 2016-2017, asrama ini dihuni oleh santri kelas VIII MTs dan SMP serta kelas XI SMK yang merupakan kelanjutan dari tahun ajaran yang sebelumnya dengan jumlah ± 400 santri dengan 22 pengurus.

Meski baru menginjak usia yang belum genap 5 tahun, namun asrama Sunan Bonang telah berhasil menorehkan banyak prestasi cukup membanggakan, diantaranya:

  1. Juara 1 lomba Rebana Sarung Mangga silaturrahmi pesantren tahun 2013
  2. Juara 1 Kebersihan se-PP. Sunan Drajat tahun 2014
  3. Juara 1 lomba Nasyid se- PP. Sunan Drajat tahun 2014
  4. Juara 2 lomba musik Islami Sarung Mangga Silaturrahmi Pesantren tahun 2014
  5. Juara 2 lomba Kebersihan Sarung Mangga tahun 2015
  6. Juara 2 lomba Rebana (kategori putra) dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, awal 2015
  7. Juara 2 lomba MQK (tingkat SLTA) dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, awal 2015
  8. Terbaik lomba Green And Clean dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, awal 2015
  9. Juara 2 lomba Karikatur, UKM Seru_Link Insud, 2015
  10. Juara 1 lomba MSQ dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, akhir 2015
  11. Juara 1 lomba Rebana dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, akhir 2015
  12. Juara 1 lomba Kebersihan dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, akhir 2015
  13. Juara Umum dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, akhir 2015
  14. Juara 2 lomba Rebana dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, 2016
  15. Juara 2 lomba baca kitab dalam Festival PHBI se-Yayasan PP. Sunan Drajat, 2016.
Piala Asrama Sunan Bonang
Piala Asrama Sunan Bonang

Yang paling membanggakan lagi, salah satu santri terbaiknya yang bernama Febri Setiawan telah berhasil meriah juara 1 lomba novel yang digelar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tahun 2017 dengan judul “KUTEMUKAN CAHAYA KEDAMAIAN DI PONPES SUNAN DRAJAT”. Karena prestasi itu, ia mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp 5 juta plus tambahan uang tunai senilai Rp 20 juta dari penerbit Gramedia dan juga tiket berlibur ke Amerika dari panitia penyelenggara lomba.

Pada tanggal 10 Maret 2017, ia telah melakukan tanda tangan kontrak dengan penerbit Diva Press untuk menerbitkan novelnya sebanyak 13.500 eksemplar dengan perubahan judul menjadi “AKU CALON PEMIMPIN DI MASA DEPAN” dengan nilai kontrak sebesar Rp. 90 juta.

Selain itu, demi menunjang dan mendukung bakat dan minat santri, asrama Sunan Bonang juga telah memiliki beberapa unit kegiatan, seperti:

  1. Group rebana “Shoutul Ihsan
  2. Group nasyid “al_Iftitar
  3. Majalah dinding “Orbit” dan koran “SB News
  4. Ikatan Santri Asrama (IKSA) Sunan Bonang
  5. Group kesenian tongklek “Sekar Budoyo”
  6. Komunitas seni peran “Sketsa”, dan
  7. Forum musyawarah “Al-Fikr”.
Asrama Sunan Bonang
Asrama Sunan Bonang

Sementara itu untuk menunjang kepengurusan, asrama Sunan Bonang dikelola oleh 5 (lima) departemen, yang setiap harinya terus bekerja dan berfikir keras demi kemajuan asrama. Adapun ke-5 departemen tersebut yaitu:

  1. Departemen Pendidikan

Departemen Pendidikan berkonsentrasi pada bidang keilmuan, pengajian kitab, pengembangan bahasa dan jama’ah. Adapun program unggulannya yaitu takror, ziarah ke makam mBah Mayang Madu dan makam keluarga besar Ponpes Sunan Drajat, takror kubro, bimbingan sorogan kitab kuning, bahtsul masa’il dan tadarrus Al Qur’an setiap hari Jum’at.

  1. Departemen Bakat Minat

Departemen yang bernama lain SB Media ini paling bertanggung jawab pada kegiatan malam Selasa dan malam Jum’at, dengan berkonsentrasi pada urusan kesenian, olahraga, karya tulis dan ketrampilan. Program unggulan departemen ini diantaranya yaitu Khitobiyah, Dzibaiyyah, Kompetisi asrama (Kompas), Sunan Bonang Unix Competition (Sonic), Sunan Bonang’s Got Talent, Akademi Syiar Indonesia (Aksi) Sunan Bonang, Tahan Tawa dan Sunan Bonang Spesial.

  1. Departemen Keamanan

Kepolisian asrama Sunan Bonang ini tentunya paling bertanggung jawab dalam bidang pelanggaran, perizinan, pengabsenan dan penyidikan. Meski terkesan sebagai departemen paling tegas, namun dibalik itu, departemen ini mampu membuktikan sebagai departemen dengan pelayanan terbaik melalui loket perizinannya. Bahkan banyak orang mengakui, pelayanan perizinan di asrama Sunan Bonang termasuk dalam kategori pelayanan yang paling diminati dan dinanti karena ketepatan waktunya. Tidak tanggung-tanggung, pelayanan perizinan pulang dan kembali dilayani selama hampir 24 jam.

  1. Departemen Sarana Prasarana

Departemen ini bisa juga disebut dengan departemen pekerjaan umum (PU) asrama Sunan Bonang, karena bertanggung jawab atas segala urusan perlengkapan dan teknisi. Departemen ini dikenal sebagai departemen paling tanggap karena selalu cekatan atas segala permasalahan sarana prasarana se-antero asrama Sunan Bonang.

  1. Departemen Kebersihan

Tugas utama departemen ini tentunya yaitu bidang kebersihan asrama Sunan Bonang dengan program unggulannya yaitu piket kamar mandi dan Sunan Bonang Go Green.

 Struktur Asrama Sunan Bonang
Struktur Asrama Sunan Bonang

Sebagaimana dikatakan, asrama Sunan Bonang juga mengelola organisasi intra asrama bernama Ikatan Santri Asrama (IKSA) Sunan Bonang, yang mana dalam organisasi tersebut santri mempunyai peran sebagai pembantu kinerja pengurus asrama. Selain itu, dalam organisasi yang berulang tahun setiap hari pendidikan nasional 2 Mei ini juga bertujuan untuk membekali skill para santri seperti pembentukan karakter (character building), pemecahan masalah (problem solving), kepemimpinan (leadership), public speaking dan pengembangan bakat (talent development).

Adapun pemasukan asrama Sunan Bonang diperoleh dari syahriyah santri sebesar Rp 5.000,-/bulan, perizinan, denda, hasil swadaya sukarela dan jasa lainnya.

Dari kerja keras selama hampir 5 tahun yang dienyam oleh para pengurus asrama Sunan Bonang yang selalu bekerja melebihi matahari, maka tidak berlebihan jika asrama Sunan Bonang akhirnya mampu menjadi asrama yang berdikari, terpandang dan tentunya diperhitungkan.

Bagi asrama Sunan Bonang, santri merupakan sebuah prioritas utama. Sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan santri adalah prioritas yang tidak dapat digantikan atau dinomor sekiankan. Maka, segala program yang dibuat adalah demi mencetak santri yang berakhlak, berkepribadian dan berwawasan. Meski masih banyak kekurangan, namun asrama ini terus berusaha berbenah dalam segala hal. Itulah yang membuat asrama ini untuk terus berinovasi tanpa batas!

Dengan semangat Inovasi tanpa batas itulah yang akhirnya mampu membawa asrama Sunan Bonang setiap detiknya terus berbenah, sehingga apa yang dicita-citakan asrama Sunan Bonang pada khususnya dan Pondok Pesantren Sunan Drajat pada umumnya mampu digapai dengan lebih cepat. Amin.

 

000000000 00000000 0000000 000000 00000 0000

Berikan komentar