Profil Asrama Putra Mayang Madu

0
158
views
Profil-Asrama-Putra-Mayang-Madu

 

Profil Asrama Mayang Madu
Pengurus Asrama Mayang Madu

Alhamdulillah asrama mayang madu,asrama yang baru resmi kurang dari satu tahun yaitu tepat pada tanggal 13 oktober 2015. Awal sampai akhir berjalan dengan lancar,atas kesuksesan pengurus asrama mayang madu yang memperjuangkan bersama-sama.

 

Asrama madu mempunyai kenangan-kenangan (momen) yang banyak sekali. Pertama kali asrama mayang madu berdiri tgl 13 oktober 2015, sebelum asrama mayang madu berdiri asrama ini sudah ada tapi belum diresmikan secara sah atau langsung dari kepala pondok, karena masih mengikuti asrama sunan kalijaga dan nama asramanya waktu itu ialah Asrama sunan kalijaga II. Didalam asrama kalijaga II pertama kali baru mempunyai 2 kamar. Dan alhamdulillah pada sekitar bulan oktober asrama sunan kalijaga II berubah dan secara resmi tertulis di struktur Pondok Pesantren Sunan Drajat sebagai Asrama mayang madu.

 

Adapun sejarah awal berdirinya asrama mayang madu,bermula dari realita keadaan santri baru pada tahun 2014 yang meningkat pesat dari tahun sebelumnya, sehingga asrama Sunan Kalijaga yang pada saat itu merupakan asrama santri baru sudah tidak muat lagi tempatnya, artinya asrama sunan kalijaga sudah padat dengan santri baru padahal masih ada beberapa santri baru khususnya smk yang belum mendapat kamar karena kuota asrama sunan kalijaga sudah penuh. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, santri-santri tersebut sementara dipindahkan ke lokal utara masjid lantai 1 yang belum jadi sempurna.

 

Setelah dapat mengatasi masalah tersebut, muncul permasalahan baru lagi. Dimana ada santri pasti disitu ada pengurus, maka pada saat itu terjadi kekosongan kepengurusan di kamar santri-santri tersebut yang waktu itu berjumlah 2 kamar. Melihat kekosongan kepengurusan ini pihak pengurus pondok mengutus saudara MC Faisal Fahmi yang sekarang menjabat sebagai Koordinator Sekbid Bakat Minat PPSD untuk mencari mahasiswa yang mampu dan mengisi kekosongan kepengurusan didua kamar akibat kepadatan santri di asrama sunan kalijaga. Menindak permasalahan tersebut akhirnya saudara mas Faisal mendapatkan lima mahasiswa yang siap mengisi kekosongan kepengurusan di dua kamar tersebu. Akan tetapi perjuangan kelima mahasiswa tersebut masih mendapatkan kendala dalam kepengurusannya. Yaitu masih dianggap kurang kompeten dalam kepengurusannya.

Melihat kenyataan yang terjadi Ust M. Qoimun, S.Pd.I dari asrama walisongo dan Ketua Asrama mahasiswa (Al-Hanafi) Ust Edy Irawan, S.E.Sy berserta sekretarisnya dan juga pengurus-pengurus pilihan langsung terjun dalam kepengurusan menggantikan kelima mahasiswa tersebut dan Asrama sunan kali jaga II awalnya diketuai Ust.Edy Irawan. S.E.Sy  namun karena usia beliau diangkat menjadi bagian dari pengurus pondok shingga beliau terpaksa mengundurkan diri dan menunjuk Ust.Muhammad Hasan, A.Ma menjadi ketua asrama sunan kalijaga II yang sebelumnya menjadi sekretaris. Dia yang akrab dipanggil Mas Hasan terus memimpin asrama sunan kalijaga II sampai peresmian asrama Mayang madu hingga sekarang ini.

 

Dengan jerih payahnya pengurus dengan simbol “ kenek iwak’e gak butek banyunne” alhamdulillah terjalin hubungan yang sangat baik antara santri dan pengurus. Setelah berjalannya waktu, pada tahun 2015 ketika penerimaan santri baru asrama sunan kalijaga II menerima 20 santri alumni pindahan asrama sunan bonang dan sekitar 100 santri baru baik Sltp maupun Slta karena kepadatan santri. Sehingga Asrama sunan kalijaga II menjadi lebih besar dan santrinya menjadi lebih banyak lagi sampai 5 kamar. Dan alhamdulillah Asrama sunan kalijaga II diresmikan pada tanggal 13 okober 2015 dan diganti namnnya menjadi Asrama Mayang Madu, atas usulan dari bapak Qoyum S.Pd, Salah satu Pegurus Pusat Pondok memberikan nama Usulan tersebut, yang akhirnya semua sepakat memberikan nama tersebut yang disaksikan langsung ,Ketua Pondok Putra ( Bpk.Hasan), Kepesantrenan Pondok (H.Abdul Mun’im) dan Bapak Rodi. Hingga saat ini santri asrama mayang Madu berjumlah  253, semoga saja asrama ini menjadi yang terbaik diantara asrama lainnya…. Aminnnn

 

Para tamu undangan yang sangat kami hormati

 

Beginila sejarah singkatnya asrama mayang madu mulai awal pembangunan sampai sekarang ini. Dan kami berharap atas terpilihnya ketua asrama mayang madu sekarang ini,asrama mayang madu akan lebih baik dan lebih maju lagi.

Berikan komentar