Profil Asrama Putri Al-Aminah

2
164
views
Profil Asrama Al-Aminah
Profil Asrama Al-Aminah
Pengurus Asrama Putri Al-Aminah Sunan Drajat
Pengurus Asrama Al-Aminah

Pondok pesantren Sunan Drajat adalah salah satu pondok terbesar di provinsi jawa timur. Banyak elemen-elemen pendidikan yang terkandung di dalamnya baik pendidikan formal dan non formal yang di lengkapi fasilitas sarana prasarana yang lengkap sebagai faktor penunjang keberlangsungan kegiatan belajar dan beribadah santri, Salah satunya yaitu asrama bagi para santri.

Di ponpes sunan drajat terdapat berbagai macam asrama baik dari putri maupun putra. Sebagai tempat tinggal selama menjalankan rutinitas kegiatan ponpes. Masing-masing asrama mempunyai fungsi yang berbeda. Dalam menjalankan fungsinya setiap asrama mempunyai struktur  kepengurusan di lengkapi tugas dan tanggung jawabnya dalam menjalankan roda kepengurusan asrama juga mampu mengatur dan mengembangkan program kerja dengan baik supaya lebih maju dan mampu membimbing santri dengan baik.

Salah satunya adalah asrama putri Al- Aminah.

Pembentukan Asrama Al Aminah berdiri kurang lebih 5th. Sebagai asrama santri putri, 4 tahun di huni oleh siswi SMP dan di tahun 2016 telah di tetapkan sebagai Asrama Mahasiswa Putri. Terdapat 5 kamar dan satu kamar kepengurusan.

Dalam keberlangsungan kegiatan rutinitas, tidak beda jauh dengan asrama-asrama yang lainnya, seperti kegiatan takror, dziba’an, muhadhoroh, pengaosan salaf, dan peringatan PHBI tiap tahunnya. Takror Mahasiswa berbeda dengan takror pada umumnya, ada dua jenis takror yaitu takror Akedemis dan non akademis. Takror akademis yaitu mahasiswa belajar  sambil berdiskusi sesuai dengan kelompok  jurusan perkuliahan yang di ambil dan pelaksanaannya bertempat di aula asrama setiap malam sabtu dan malam senin. Adapun takror non akademis yaitu takror yang di laksanakan untuk mengembangkan bakat siswa seperti jurnalistik, bahasa arab, bahasa inggris, dan nahwu shorof. Di malam selasa setelah kegiatan pondok, asrama Al-aminah memiliki program kursus rebana dan vokal guna untuk melestarikan bakat santri yang mahir dalam bidang musik Islami dan vokal sholawat. Pada hari jum’at di adakan kursus kaligrafi, qiro’ah dan pidato dengan tujuan melestarikan dan mengembangkan bakat santri dalam dunia seni dan publik speaking.

Itulah sekilas profil tentang asrama putri Al-Aminah Sunan Drajat. Semoga bermanfaat.

2 KOMENTAR

  1. min, mungkin bisa ditautkan link usaha-usaha pondok seperti website live streamingnya radio persada, website garam samudra dll 🙂

  2. Trimakasih Kepada Ibu Maulia karna sudah memberikan komentar masukan dan saran ke website kami.
    Website ini merupakan website Asli yang dikelolah oleh Santri PonPes Sunan Drajat Lamongan.
    Insya Allah kedepan kami akan terus memperbaiki kekurangan kekurangan kami

Berikan komentar