Pemberangkatan KKN INSUD 2017

1
162
views
Pemberangkatan KKN INSUD 2017 (1)
Pemberangkatan KKN INSUD 2017 (1)

Pondok pesantren Sunan Drajat (08/07). Pagi barokah tampak kegiatan pemberangkatan  Kuliah Kerja Nyata Institut Pesantren Sunan Drajat (KKN INSUD)  Paciran Lamongan di pimpin oleh KH.Abdul Ghofur, pengasuh ponpes Sunan Drajat.

Objek mahasiswa adalah semester 7 pada tahun ini. Terhitung ada 330 mahasiswa/i  dari berbagai jurusan. Yaitu  Pendidikan Bahasa Arab, Mahad Aly, Menejemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Hukum Islam, dan Bimbingan Konseling Islam.

Mahasiswa tersebut akan menjalankan KKN di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur.  Meraka akan disebar pada 22 desa di Kecamatan Kanor. Jauh-jauh hari sebelumnya, peserta KKN sudah mendapat pembekalan tentang pengabdian dalam masyarakat, mereka juga telah mendapat pembekalan keseharian di pesantren, hal tersebut mempermudah  dalam bersosialisasi dengan masyarakat.

 Sebelum pemberangkatan KKN, pengasuh berpesan kepada mahasantri (sebutan anak perkuliahan dalam naungan pesantren) untuk bisa beradaptasi, karna fikiran masyarakat itu berbeda-beda, bagaimana kita bisa menanggapi keluhan-keluhan itu dengan baik dan berkesan. Seperti yang beliau ajarkan ketika ngaji Ihya Ulumuddin, mereka bisa menggunakan kajian-kjian yang ada dalam kitab untuk menangani problematika kehidupan dalam bermasyarakat.

Tidak lupa, beliau menitipkan salam kepada kepala desa berserta staf jajarannya, ketika telah tiba di desanya masing-masing. Doa dan salam-salaman bersama pengasuh dan dosen INSUD, menjadi penutup dari arahan pagi tadi. (Red)

Pemberangkatan KKN INSUD 2017 (2)
Doa dipimpin oleh pengasuh sebelum keberangkatan.

 

1 KOMENTAR

Berikan komentar