Nyantren Asyik

0
7
views

Apa kesan pertama kalian saat menghirup sejuk kehidupan dalam pesantren? Ada yang bilang seram, kejam tapi tak sedikit pula yang mengatakan kalau mondok itu menyenangkan.

            Banyak yang bilang mondok itu ga enak, semuanya serba terbatas, apa-apa harus ngantri dulu. Tidak banyak yang tahu bahwa ada sisi menyenangkan di dalam sebuah pondok pesantren. Tak seperti yang dibayangkan, bukan hanya mengaji saja, pondok pesantren juga mengajarkan arti berbagi,  bersabar dan  menghargai orang lain. Berbagi bisa dalam banyak hal, seperti halnya berbagi makanan, minuman bahkan berbagi ilmu kepada tean-teman yang ada dilingkup pondok pesantren, bahkan dari pengalaman-pengalaman kita sebelum di pesantren. Di pesantren juga mengajarkan kita arti kesabaran, ketika anak se-usia kita dirumah dengan aktifitasnya, kita dipondok dituntut untuk bersabar dalam menghadapi berbagai ujian, berbagai persoalan, bersabar menahan amarah dan yang pasti bersabar karena hidup terpisah dari orang tua.

            Banyak sekali hal positif yang bisa kita lakukan di pondok pesantren. Semuanya bisa menjadi ladang pahala untuk kita, selain mengaji, belajar dan tawadlu’ terhadap kyai dan asatidz, menjadi seorang santri adalah keberkahan tersendiri bagi orang tua, karena dalam pesantren santri diajarkan bagaimana caranya andap ashor pada orang tua, kyai serta astidz. Selain itu santri juga dituntut untk bisa mengatur waktu, dan kesehatnnya dengan baik, mengatur waktu agar dapat disiplin dalam  menjalankan kewajiban yang ada di pesantren, dan mengatur kesehatan agar dapat tetap sehat, semangat dan istiqomah dalam melaksanakan kewajibannya.

            Untuk meraih kesuksesan yang optimal harus ada proses yang berkualitas untuk mewujudkannya, santri dilatih hidup mandiri, disiplin dan berintegritas serta berwawasan luas. Agar kelak dapat menjadi solusi atas segala kejadian yang ada dalam masyarakat serta bangsa dan  negara.

            Banyak sekali kesan di pesantren yang akan kita dapatkan, yang indah dan seru pastinya. Dengan membiasakan iklas menjalankan seluruh kegiatan yang ada di peantren sama halnya dengan kita melatih diri kita untuk menjadi insan yang baik dan siap menyongsong masa depan, sekalinya kesan yang harus diukir oleh seorang santri haruslah bia membawa energi yang positif untuk semua orang yang ada di sekitar kita.

Berikan komentar