Keutamaan Ahli Ilmu Agama dibandingkan Ahli Ibadah

0
76
views
Keutamaan Ahli Ilmu

PPSD.OR.ID – Di zaman seperti saat ini, kita tidak perlu lagi berjuang membela agama dengan pedang maupun perang. Saat ini kita cukup berjuang melalui dunia pendidikan. Ketika kita hendak berjuang melalui dunia pendidikan, ada hal yang perlu kita siapkan terlebih dahulu, yaitu bekal ilmu pengetahuan yang cukup.

Beruntunglah orang-orang yang masih bersemangat dalam menuntut ilmu. Sebab ada banyak sekali keutamaan seorang ahli ilmu. Sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam kitab Jawahirul Ulum juz 4 pada halaman 78, yaitu tentang keutamaan ahli ilmu jika dibandingkan dengan ahli ibadah.

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW bersabda “keutamaan ahli ilmu agama jika dibandingkan dengan ahli ibadah itu seperti antara Nabi Muhammad SAW dengan serendah-rendahnya seorang laki-laki”, Bahkan derajat seorang ahli ilmu agama itu sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan ahli ibadah. Sebab apapun bentuk kelakuan seorang ahli ibadah,tidak akan bermanfaat dan bernilai tanpa adanya dasar ilmu pengetahuannya.

Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda dalam sebuah hadits lain yang artinya “kelak akan ada 3 golongan orang yang dapat memberi syafaat di hari kiamat yaitu para nabi, ahli ilmu agama, orang yang syahid”.

Selain itu pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur pun mengibaratkan seseorang yang beribadah tanpa dasar ilmu agama adalah seperti seseorang yang sedang mengendarai sebuah truk namun ia tidak memiliki ilmu pengetahuan tentang cara mengendarai truk yang benar. Tentu saja pengendara ini akan berjalan dengan tidak lancar dan bahkan bukannya memberi manfaat justru menyebabkan kerugian.

Jika kita mencoba memahami keterangan-keterangan di atas, tentu saja kita bisa melihat betapa pentingnya ilmu agama itu, bahkan derajatnya disetarakan dengan jajaran para nabi dan setingkat lebih tinggi dari orang yang syahid di jalan Allah.

Seorang ahli ilmu agama itu juga jauh lebih susah disesatkan oleh prajurit syetan dari pada seribu ahli ibadah tanpa dasar ilmu pengetahuan.

Oleh sebab itu kita harus tetap bersemangat dalam menimba ilmu, karena Allah telah menjanjikan akan memberikan perlindungan dari penyebab kegundahan hati bagi para ahli ilmu agama. Allah juga telah menjanjikan akan mencukupi rezekinya dari arah yang tak terduga-duga.

Demikianlah beberapa keutamaan seorang ahli ilmu agama jika dibandingkan dengan ahli ibadah. Semoga mampu memberi kemanfaatan bagi kita semua.

Berikan komentar