Kemenperin Dorong Penumbuhan Santripreneur

0
111
views
Sunan Drajat (Santripreneur)

Kemenperin Dorong Penumbuhan Santripreneur

Oleh: Redaksi

Rombongan dari Kementrian Perindustrian tiba di bumi damai pondok pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan pada pukul 13.00 WIB kemarin (07/08) dengan sambutan hangat oleh seluruh keluarga besar pondok pesantren.

Prof.Dr.KH.Abdul Ghofur mengungkapkan bahwa pondok Sunan Drajat adalah tempat yang cocok untuk ditempati acara semacam ini “karena dulu pas era wali songo, jabatan sunan drajat ialah sebagai bendahara yang mengatur masalah perekonomian masyarakat” ujar beliau.

Kunjungan kali ini terpusat di audotorium pondok pesantren Sunan Drajat dengan dialog yang bertema “Penumbuhan Wirausaha Baru Di Lingkungan Pondok Pesantren (santripreneur)” yang dinarasumberi langsung oleh Dirjen IKM Kemenperin ibu Gatih Wibawa Ningsih berkolaborasi dengan perwakilan Bank Indonesia (BI) juga perwakilan dari Pondok Pesantren Sunan Drajat.

Ibu Gatih Wibawa Ningsih menjelaskan bahwasanya selain mempunyai keterampilan mengaji, diharapkan santri juga mempunyai keterampilan dalam berwirausaha ”modal utama adalah mental yang kuat dan selalu semangat, dan kita akan melakukan motivation training untuk membentuk mental yang kuat. Karena rugi itu hal biasa. Ketika mental sudah terbentuk maka santripreneur akan ada di pondok pesantren Sunan Drajat. Dan kami juga akan mengadakan pelatihan di pondok pesantren Sunan Drajat juga akan kami adakan pemanfaatan media produktif dan akan melakukan pelatihan secara bertahap”. Terang beliau.

Meskipun suasana di dalam audotorium lumayan pengap, tetapi para santri tetap antusias  dan khidmat menyimak kata per kata dari ilmu pengetahuan yang dipaparkan oleh ibu mentri. Mereka tidak mau menyia-nyiakan ilmu yang berharga untuk bekal menjadi santripreneursip yang sukses.”setelah mengikuti dialog ini, saya tiba-tiba mempunyai pandangan kedepanya untuk menciptakan sebuah usaha dan saya ingin sekali memberdayakan masyarakat di daerah saya yang pengangguran” tegas seorang santri.

Kini pondok pesantren sunan drajat menjadi kiblatnya perekonomian seluruh pondok pesantren yang ada di Indonesia. Karena berbagai produk yang diproduksi oleh pondok Sunan Drajat sangat banyak. Mulai dari air minum AIDRAT, PUPUK POSPAT, GARAM SAMUDRA, JUS MENGKUDU SUNAN, BAKERY, LAUNDRI serata pabrik KAPAL BAJA yang bekerjasama dengan PT. AGRINDO.

Anugrah terbesar juga melengkapi perjalanan kewirausahaan pondok pesantren Sunan Drajat setelah di kukuhkannya Ning Biyati Ahwarumi, putri Kyai Abdul Ghofur sebagai ketua perekonomian pesantren seluruh indonesia.

 

Berikan komentar