Karnaval Ala Santri Sunan Drajat

0
152
views
Penampilan Barongsai di depan ndalem Romo Kyai Abdul Ghofur
Penampilan Barongsai di depan ndalem Romo Kyai Abdul Ghofur

Karnaval di PPSD adalah apresiasi busana yang semua pesertanya harus memakai pakaian unik dan berjalan menyusuri rute yang telah ditentukan, semua kalangan dapat mengikuti acara ini mulai dari anak muda hingga tua. Tak terkecuali kalangan santri, para penuntut ilmu di Pondok Pesantren Sunan Drajat juga mengadakan acara tersebut (08/05).

Kegiatan yang lebih dikenal oleh para santri dengan sebutan kirab ini dimulai sekitar pukul 14:00 WIB. diberangkatkan oleh Pimpinan Koramil Paciran dengan start dan finish berada di halaman utama Pondok Pesantren Sunan Drajat. Diikuti oleh seluruh siswa dan guru dari semua lembaga di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat (YPPSD), rute acara ini adalah mengelilingi desa drajat dan berakhir pada sekitar pukul 16:30 WIB.

Selain menjadi rangkaian acara dari Haul Akbar Mbah Banjar, Mbah Mayang Madu dan Kanjeng Sunan Drajat yang ke-XXVI, kirab ini juga bertujuan menghibur dan mengembangkan kreativitas serta bakat santri, hal ini terbukti dengan berbagai macam pakaian dan fashion yang digunakan oleh para santri dalam acara tersebut.

Berbagai penampilan mengiringi kegiatan ini, seperti grub drumband dari desa Kemantren dan Banyubang, serta seni musik tongklek dari desa Dagan. Termasuk grub barongsai Singo Drojat yang sempat beraksi di depan ndalem Romo Kyai Abdul Ghofur, semua anggota pemainnya tidak lain adalah para santri Pondok Pesantren Sunan Drajat.

Berikan komentar