Jihan Audy dan Mahfud MD Hadiri Nada & Dakwah Malam Penutupan Haul Akbar ke XXVII

0
57
views

Ppsd.or.id – Nada & Dakwah Malam Penutupan Haul Akbar ke XXVII Mbah Banjar, Mbah Mayang Madu & Kanjeng Sunan Drajat Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamonga (PPSD). (4/5/2019) 

 

Selama 10 hari peringatan Haul Akbar ke XXVII Mbah Banjar, Mbah Mayang Madu dan Kanjeng Sunan Drajat sejak tanggal 25 April 2019 hingga 4 Mei 2019 di PPSD kini telah sampai di puncak dari segala acara. 

 

Pada malam puncak haul akbar yang jatuh pada hari sabtu tanggal 4 Mei 2019 pukul 20.00 WIB berhasil menjadi magnet bagi santri dan alumni PPSD, bahkan masyarakat yang jauh dari sekitar PPSD pun menghadiri acara tersebut. 

 

Pada malam puncak haul kali ini, dilaksanakan acara doa bersama dan istighotsah terlebih dahulu yang dimulai sekitar pukul 18.30 WIB dan baru setelah itu acara Nada dan Dakwah Haul Akbar ke-XXVII Mbah Bajar, Mbah Mayang Madu, Kanjeng Sunan Drajat PPSD dimulai. PPSD juga kdatangan tamu spesial yang turut meramaikan acara penutupan haul akbar malam ini.

 

Acara pada malam hari ini dibuka oleh penampilan beberapa dendang syair lagu dari Grup Persada Ria PPSD, lalu dilanjutkan dengan penampilan dari penyanyi dangdut muda Jihan Audy yang tampil dengan gaun berwarna pink dan topi baretnya. 

 

Acara dilanjutkan dengan ceremonial dengan beberapa sambutan dari pengasuh PPSD, Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur yang menceritakan kisah sejarah pondok pesantren sunan drajat juga kisah perjuangan Kanjeng Sunan Drajat dalam menyebarkan islam melalui seni Gending Jawa. 

Dalam acara ini dimeriahkan pula oleh Joyo Samudro yang merupakan grup seni karawitan milik PPSD, para pemainnya pun terdiri dari santri tingkatan SLTP, SLTA dan senior.

Selain sambutan dari pengasuh PPSD ada pula orasi ilmiah dari salah satu pihak pertamina yang tengah menjalin hubungan kerja dengan perusahaan kemiri Sunan milik PPSD. 

Sambutan terakhir yaitu dari Prof. Mahfud MD yang memberi 3 poin kesimpulan pada orasi ilmiahnya tentang bagaimana ilmu dan teknologi yang harus dikembangkan menurut islam yaitu :

1.Ilmu agama & umum itu adalah satu kesatuan. 

2.Kebenaran ilmiah itu bukan hanya yg bisa dianalisis dg otak,namun ada yg bisa dianalisis dengan hati atas petunjuk Allah 

3.Ilmu & teknologi harus dikembangkan untuk kemajuan dan mampu memberi kebaikan untuk umat manusia.

Acara pada malam hari ini ditutup dengan doa oleh Kiai Kholis dari MUI Kabupaten Lamongan. Meskipun dalam berlangsungnya acara tersebut tiba-tiba hujan turun, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme para tamu dan hadirin yang hadir di lapangan. Acara tersebut berakhir pada pukul 24.30 WIB dan berjalan dengan lancar.

Berikan komentar