H-40 MQKN 2023 di PP. Sunan Drajat, Kemenag RI Tinjau Lokasi Kegiatan

0
256
views

Tepat memasuki H-40 pelaksanaan Musabaqoh Qiroatil Kutub Nasional (MQKN) 2023, setelah menggelar rapat evaluasi program di Surabaya, Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI selaku penangung jawab program melakukan kunjungan ke PP. Sunan Drajat hari ini (Selasa 30 Mei 2023).

Dalam kunjungan itu, turut hadir 34 perwakilan Kanwil Kemenag RI seluruh Indonesia yang sekaligus akan menjadi panitia kafilah peserta MQKN 2023 pada 10-18 Juli 2023 mendatang. Dari Kemenag Kab. Lamongan juga tampak turut mendampingi.

Dengan menggunakan 1 bus dan beberapa kendaraan pribadi, rombongan dalam rangka kunjungan tersebut tiba di PP. Sunan Drajat yang terletak di Desa Banjaranyar Kec. Paciran Kab. Lamongan Jatim sekitar pukul 10.00 wib. Rombongan diterima oleh Panitia Pelaksana tuan rumah di Ndalem Pengasuh, Romo KH. Abdul Ghofur.

Tim Kemenag RI memasuki gerbang PPSD dalam rangka kunjungan kesiapan MQKN 2023

Setelah dilakukan seremoni penyambutan, rombongan langsung melakukan sejumlah pengecekan kesiapan di beberapa titik baik indoor maupun outdoor yang direncanakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan MQKN yang ke 7 itu.

Beberapa tempat itu antara lain, tempat seremoni pembukaan sekaligus penutupan, tempat pelombaan, kamar inap peserta kafilah baik putra maupun putri beserta fasilitas pelengkap seperti MCK, tempat makan, dan lain sebagainya, hingga kesiapan sarana teknologi informasi (IT) guna mendukung kegiatan digitalisasi selama MQKN 2023 berlangsung nantinya.

Setelah melakukan sejumlah pengecekan kesiapan, Kemenag RI optimistis MQKN 2023 kali ini akan berjalan dengan lancar.


Halaman MTS Sunan Drajat. Lokasi pembukaan dn penutupan MQKN 2023

“Setelah melihat secara langsung di PP. Sunan Drajat ini kami yakin, MQKN 2023 akan berjalan dengan lancar,” tutur Dr. Shohib selaku Kasubag TU Ditpontren Kemenag RI di depan peserta kunjungan dan jajaran Panpel Tuan Rumah.

Setelah itu, rombongan juga meninjau beberapa unit usaha perekonomian PP. Sunan Drajat seperti pabrik garam SSD, Air minum dalam kemasan Aidrat, Toserba dan Restaurant Sunan Drajat juga Bengkel otomotif milik SMK Sunan Drajat.

Kemudian dilanjutkan melakukan ziarah ke Makam Sunan Drajat yang kemudian diteruskan kembali ke Ndalem Romo KH. Abdul Ghofur untuk melakukan ramah tamah.

Dalam kesempatan itu, Romo KH. Abdul Ghofur memgucapkan terimakasih kepada Kemenag RI yamg telah memilih PP. Sunan Drajat sebagai tuan rumah MQKN 2023. Dan memohon maaf dan bimbingan jika ada yang kurang pas dalam persiapan.

“Terimaksih sudah memilih Pondok Drajat menjadi tuan rumah. Mohon dibimbing barangkali ada yang kurang pas dari Pondok ini menurut bapak-bapak semua,” dawuh Romo Yai sebelum memimpin doa untuk memungkasi kegiatan kunjungan tersebut.

Berikan komentar