Ayo Hidup Sehat dengan Puasa

0
19
views
diet-ala-rasulullah

Puasa merupakan salah satu ibadah yang pahala serta manfaatnya tak terkira banyaknya. Di antara beberapa keutamaan puasa,yaitu:                           

  1. Puasa adalah ibadah yang senantiasa dilakukan oleh para nabi dan rasul, sejak nabi Adam AS hingga nabi Muhammad SAW.
  2. Puasa merupakan salah satu cara mengendalikan hawa nafsu
  3. Puasa merupakan salah satu jalan membuka pintu taubat dan memperbaiki diri
  4. Puasa memiliki manfaat yang banyak dibidang kesehatan

            Dan masih banyak lagi keutamaannya. Nah, di sini kita akan  membahas peran puasa dibidang kesehatan. Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh pakar  ilmuwan ternama, bahwasanya puasa bisa menetralkan berbagai macam  racun  yang ada didalam  tubuh. Hal itu dikarenakan ketika seseorang berpuasa maka secara otomatis orang tersebut tidak mengonsumsi makanan dan minuman apapun dari shubuh sampai maghrib, sehingga hal ini dapat mengurangi resiko masuknya racun ke dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh pun semakin  mudah  menetralisir racun-racun yang sudah dikonsumsi seseorang di dalam tubuhnya dan hal ini juga mengurangi resiko mengalami berbagai macam penyakit seperti diabetes, kencing manis, dan lain sebagainya.

Selain itu, puasa juga bisa melancarkan pencernaan serta meningkatkan daya tahan  tubuh. Hal ini disebabkan tubuh seseorang ketika sedang berpuasa akan lebih sedikit mengonsumsi makanan, sehingga organ pencernaan tubuh bisa mengelola sisa-sisa makanan secara maksimal.Dengan demikian, tubuh menjadi lebih fit sehingga sistem imunitas tubuh semakin meningkat.

            Selain keterangan diatas, masih banyak lagi manfaat-manfaat puasa di bidang kesehatan lainnya. Nah, salah satu yang menarik di sini, ternyata puasa sunnah senin-kamis memiliki khasiat yang bagus buat siapapun yang ingin diet. Dalam salah satu hadits Rasullah SAW, beliau menerangkan bahwasanya puasa senin-kamis adalah ibadah yang sangat disukai Rasulullah. Karena puasa senin-kamis merupakan ibadah yang pahalanya hampir sama dengan puasa romadlon.Selain itu, puasa senin-kamis juga bisa membantu menjaga keidealisan tubuh, dengan cara berpuasa senin-kamis secara berturut-turut. Dalam dunia pakar ilmuwan dunia, puasa ini dikenal sebagai Diet Ala Rasulullah SAW.

Berikan komentar